Keterampilan laboratorium sangat diperlukan untuk menunjang
proses belajar mengajar mahasiswa S1 Keperawatan. Buku ini sebagai
pegangan Pendidik (dosen) dan mahasiswa untuk panduan
keterampilan dalam mata kuliah Keperawatan Anak. Dengan adanya
buku panduan skills laboratorium Keperawatan Anak ini, peserta didik
diharapkan mampu memberikan asuhan keperawatan anak secara
profesional. Diharapkan dengan keterampilan ini mahasiswa
termotivasi, sehingga ada keinginan untuk meningkatkan diri dalam
pembelajaran Teori Keperawatan Anak maupun skills laboratorium
Keperawatan Anak. Buku ini terdiri dari 10 keterampilan Keperawatan pada anak
untuk dikuasai oleh mahasiswa Keperawatan di Semester 4. Setiap
keterampilan terdiri dari fase pra interaksi, orientasi, kerja dan fase
terminasi. Fase-fase tersebut menunjukkan langkah bahwa dalam
tindakan keperawatan perlu juga ditekankan “human relationship”.
Atas berkat rahmat Allah Yang Maha Esa penulis mengucapkan
banyak terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam
penyusunan buku ajar Skills Laboratorium Keperawatan Anak ini.
Semoga dapat bermanfaat demi kelancaran dalam proses belajar
mengajar mata kuliah Keperawatan Anak 1.